Jumat, 26 Februari 2010

Parepare Maju Bila Kembangkan Pelabuhan


Peringatan HUT Kota Parepare ke-50, Rabu 17 Februari, kemarin, diharapkan menjadi titik tolak kebangkitan ekonomi Parepare, melalui pengembangan pelabuhan Parepare.
Penilaian ini disampaikan Direktur Utama PT Surya Bintang Timur, Lukman Lajoni. Dia mengatakan, kalau Parepare mau maju harus benahi pelabuhan, baik fasilitas infrastruktur maupun tata kota. "Bagaimana akses pembangunan bagus di Parepare kalau tata kota tidak ada," kata pengusaha asal Surabaya ini, Senin 15 Februari lalu.

Untuk itu, dengan momen HUT Parepare ke-50 harus menjadi titik tolak kebangkitan ekonomi Parepare dalam dengan membangun fasilitas pelabuhan, dengan tata kota yang harus menghadap ke laut. Dengan begitu, kata putra kelahiran Parepare ini, akan membuat masyarakat Parepare sejahtera. "Tidak asal bangun, tapi harus sesuaikan tata kota. Kita jangan terlalu banyak mimpi dengan membangun kilang minyak misalnya," imbuhnya. Selama ini kata dia, terkesan proses pembangunan Parepare lamban. Padahal Parepare kota yang strategis harus mengembangkan ekonomi dari niaga dan menjadikan sebagai fondasi pokok adalah sektor pelabuhan. "Dengan mengembangkan pelabuhan, ekonomi masyarakat akan ikut berkembang ," ujarnya. Lukman menambahkan, Juni mendatang, sebagai putra Parepare kerja sama pemkot akan membangun dermaga sepanjang 200 meter dari eks Anging Mammiri hingga Hotel Yusida.

"Pelindo menyiapkan fasilitas atau menjadi operator pelabuhan sesuai Undang-undang No17 Tahun 2009," katanya. Menanggapi pembangunan Pelabuhan Garongkong Barru, Lukman menegaskan, pelabuhan itu mubazir. "Pembangunan Pelabuhan Garongkong berbau politis. Mana bisa ada pelabuhan langsung menghadap ke selat Makassar. Pelabuhan Parepare berada di tanjung, tentu sangat mendukung menjadi pelabuhan. Apalagi pengangkutan hasil bumi dari Siwa Wajo, Enrekang jauh lebih dekat ketimbang ke Garongkong. Di Sulsel pelabuhan strategis hanya Parepare dan Makassar," tandasnya. (rif)


Sumber :
http://www.parepos.co.id/read/28877/46/parepare-maju-bila-kembangkan-pelabuhan
18 Februari 2010

Sumber Gambar:
http://static.panoramio.com/photos/original/20509063.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar