Jumat, 26 Februari 2010

Profil Kota Parepare


View Larger Map

Kota Parepare secara geogarfis terletak antara 3o57 39 -4o04 49 LS dan antara 119o36 24 - 119o43 40 BT. Berbatasan dengan Kabupaten Pinrang di utara, Kabupaten Sidrap di timur dan Kabupaten Barru sebelah selatan serta Selat Makassar di barat. Luas wilayah daerah ini 99,33 Km2.

Secara administratif, daerah ini terbagai menjadi tiga Kecamatan dan dua puluh satu kelurahan. Sebagai kota niaga dan jasa, sebagaian besar usaha masyarakat Parepare dalam bidang perdagangan dan jasa, seperti perdagangan beras antar pulau, hasil laut, perkebunan, pertanian dan hasil perikanan. Bidang usaha lainnya yakni jasa keuangan, angkutan, jasa konstruksi, hotel, dan restoran serta perdagangan dan jasa lainnya.

Obyek wisata yang dapat dikunjungi di kota Bersahaja ini antara lain Pantai Lumpue, pasar senggol, pulau Kamarang, Cagar hutan jompie, Museum Gandaria dan masih banyak lagi.

Parepare merupakan kota pelabuhan. Kapal-kapal singgah di pusat kota. Terdapat tiga pelabuhan kota yakni pelabuhan induk nusantara, cappa ujung, dan lontangge. Masayarakat Parepare majemuk dari berbagai suku etnis dengan dominasi suku bugis, Mandar, Makassar, serta Toraja , selebihnya etnis Cina dan jawa. Meskipun dari beragam suku namun dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya terkenal dengan rasa gotong royong dan kekerabatan yang tinggi.

Daerah ini juga memiliki berbagai sarana dan prasarana pendukung diantaranya jalan darat, adanya ruko-ruko, pelabuhan, maupun terminal angkutan darat di kota yang juga terkenal dengan produk pakaian "cakar" alias cap karung atau pakaian bekas ini adalah dukungan terbesar bagi aktivitas ekonomi Parepare. Dengan ketersediaan fasilitas ruko, pusat perbelanjaan, perbankan, perumahan, hingga hotel dan restoran besar-ini sulit ditemukan di wilayah-wilayah tetangga dekatnya. Parepare optimistis mampu menjadikan kotanya sebagai kota niaga dan jasa.


Catatan :

Kota Parepare adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 99,33 km² dan berpenduduk sebanyak ±140.000 jiwa. Salah satu tokoh terkenal yang lahir di kota ini adalah B. J. Habibie, presiden ke-3 Indonesia.


Sumber Data:
Sulawesi Selatan Dalam Angka 2007
(01-7-2007)
BPS Provinsi Sulawesi Selatan
Jl. Penancangan No. 4, Serang 42124
Telp (0254) 202315
Fax (0254) 202315


Sumber :
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=7372
http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Parepare


Sumber Gambar:
http://maps.google.com/
http://kinko.files.wordpress.com/2008/05/parepare_kota-parepare-tampak-dari-atas1.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar