Kamis, 25 Februari 2010

Profil Kabupaten Maros


Kabupaten Maros terletak di bagian barat Sulawesi Selatan, secara geografis terletak antara 40o45 - 50o07 LS dan antara 109o205 - 129o12 BT. Kabupaten ini sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, sebelah selatan berbatsan dengan Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, sebeelah timur berbatasan dengan Kabupaten Bone dan sebelah barat berbatasan dengan Selat Makassar dan memiliki luas wilayah 1.619,12 Km2.

Secara admistratif Kabupaten terbagi menjadi 14(empat belas) Kecamatan dan 103 Desa atau kelurahan. Kabupaten Maros pada memiliki beberapa komoditi unggulan. Di sektor perkebunan. Komoditi yang dihasilkannya antara lain berupa jambu mete sebesar 735 ton, kakao sebesar 514 ton, dan kelapa dalam sebesar 290 ton.

Sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Maros meliputi perikanan laut dan perikanan darat. perikanan darat adalah yang paling dominan di Kabupaten Maros berupa ikan bandeng dan udang windu yang menjadi andalan di sub sector perikanan dan kelautan yang pasarnya masih terbuka lebar baik untuk domestic maupun manca negara selain itu wilayah pesisir Kabupaten Maros yang terbentang sepanjang 31 km sangat cocok untuk budi daya rumput laut. 

Pada sub sektor pertanian komoditas padi merupakan andalan Kabupaten Maros dan menjadi salah satu sentra produksi beras di Sulawesi Selatan disamping produk pertanian lainnya seperti jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar.

Pada potensi sub sektor perikanan Kabupaten Maros meliputi jenis ternak besar dan keci seperti sapi, kerbau, kuda dan kambing sedangkan jenis ternak unggas meliputi ayam kampung. ayam ras dan itik. Sedangkan untuk Potensi sub sektor pertambangan Kabupaten Maros memiliki potensi yang sangat besar, beberapa industri pertambangan yang cukup besar beroperasi di Maros seperti Pabrik Semen dan Industri pengolahan marmer dan penambangan bahan tambang galian C dengan sistem penambangan terbuka. Kabupaten ini juga memiliki berbagai sarana dan prasarana penunjang diantaranya jalan darat serta dukungan sarana pembangkit tenaga listrik, air, gas dan telekomunikasi.



Sumber Data:
Sulawesi Selatan Dalam Angka 2007
(01-7-2007)
BPS Provinsi Sulawesi Selatan
Jl. Penancangan No. 4, Serang 42124
Telp (0254) 202315

Fax (0254) 202315

Dumber :

http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=7308

Tidak ada komentar:

Posting Komentar