Selasa, 23 Februari 2010

Profil Kabupaten Bulukumba

Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi selatan, secara geografis Kabupaten ini terletak antara 05o20 - 05o40 dan antara 119o58 - 120o28 BT.

Kabupaten ini di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Sinjai, di sebelah timur berbatasan dengan Teluk Bone, di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Flores, sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Bantaeng. Luas wilayah Kabupaten Bulukumba 1.154,67 Km2.

Secara administratif, Kabupaten Bulukumba ini terbagi menjadi 10 Kecamatan, 24 Kelurahan, dan 102 desa.

Potensi Pertanian adalah merupakan salah satu potensi unggulan yang memberikan konstribusi yang paling besar terhadap perekonomian Kabupaten Bulukumba. Tanaman pangan yang sangat potensial adalah tanaman padi dan merupakan bahan pangan utama masyarakat. Selain tanaman padi juga terdapat tanaman bahan pangan lainnya seperti Jagung, Ubi Kayu, Ubi Jalar, Kacang Tanah, Kacang Ijo dan Kedelai. Selain tanaman pangan, terdapat pula tanaman Holtikultura yang mempunyai potensi besar dalam mengangkat pendapatan dan kesejahteraan petani. Tanaman hortikultura yang utama seperti: durian, rambutan, duku, langsat, mangga, manggis, petai, pisang, nangka, alpukat, nenas, salak, papaya, sukun, jambu biji, jambu air, jeruk siam, cabai, Lombok, tomat, terong, ketimun, kacang panjang.

Potensi tanaman perkebunan juga termasuk potensi unggulan seperti: Kelapa Dalam & Hibrida, Kopi Robusta & Arabika, Kakao, Cengkeh, Jambu Mete, Karet, Kapas, lada dan vanili. Produksi karet pada tahun 2006 (7.958 ton), kakao (3.075 ton) dan kapas (1.924 ton).

Potensi perikanan di Kabupaten Bulukumba terdiri dari perikanan laut dan darat.Untuk jenis ikan laut yang dihasilkan, sebagian besar ikan laut diperairan Kabupaten Bulukumba berpotensi ekspor, seperti: cakalang, tuna, tongkol, layang, kembung, tambang, lamuru, kerapu dan beberapa ikan laut lainnya. Selain perikanan laut, perikanan budidaya seperti tambak, laut, kolam, mina padi juga merupakan potensi yang dapat dikembangkan. Komoditas budidaya tambak mayoritas adalah Ikan Bandeng, Udang Windu, Udang Api-api.

Untuk potensi peternakan yang dimiliki meliputi: ternak besar seperti sapi, kerbau dan kuda; ternak kecil seperti kambing dan domba; ternak unggas seperti ayam dan itik.

Untuk potensi kehutanan diwilayah Bulukumba, selain kayu yang menjadi potensi utama hasil hutan, juga terdapat hasil hutan lainnya yang mempunyai peluang investasi yang cukup besar, seperti: rotan, lebah madu dan bambu.

Di sektor perindustrian ,di Kabupaten bulukumba terdapat da 3 (tiga) jenis industri besar yang mempunyai produksi berbeda meliputi: industri pengolahan kapas(PT. SEKO FAJAR COTTON), pengolahan karet(PT London Sumatera tbk) dan pengolahan kayu(PT Palopo Alam Lestari).


Sumber Data:
Sulawesi Selatan Dalam Angka 2007
(01-7-2007)
BPS Provinsi Sulawesi Selatan
Jl. Penancangan No. 4, Serang 42124
Telp (0254) 202315
Fax (0254) 202315

Sumber :
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=7302

Tidak ada komentar:

Posting Komentar