Kamis, 25 Februari 2010

Profil Kabupaten Pangkajenen dan Kepulauan (Pangkep)



Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan ini merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan memiliki luas wilayah secara keseluruhan 1.112,29 Km2 ini terbagi menjadi 12 Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Barru di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah selatan, kabupaten Bone di sebelah timur, serta Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Pulau Madura si sebelah barat.

Di suatu wilayah daerah kepulauan potensi kelautan dan perikanan adalah anugerah yang sudah didepan mata juga kekayaan alam atas bahan galian tambangini memberi arti pada kelancaran denyut nadi ekonomi daerah ini. Pegunungan kapur atau karst yang berdiri tegak dikawasan yang berbatsan dengan Kabupaten Maros inilah dihasilkan ribuan ton batu kapur untuk bahan baku semen dan marmer untuk bahan bangunan. Karst ini juga mampu menarik pengusaha lokal berinvestasi dengan membangun pengolahn marmer di Pangkep. Beberapa tambang marmer yang tercatat sudah dieksplorasi berada di Kecamatan Bungoro, Labkkang, baloci, dan Tondong Talasa. Di Kecamatan Bungoro ini juga terdapat tambang batu kapur yang dikelola pabrik semen PT Semen Tonasa. Keberadaan perusahaan-perusahaan penambangan dan pengolahan bahan galian tersebut diharapkann memberi sumbangan bagi kas daerah. 


Pemandangan tambak di Pangkep menjadi ciri Kabupaten ini selain gugusan pegunungan batu kapur, dapat dikatakan menambak merupakan salah satu lapangan usaha utama yang digeluti penduduk selain industri. Sementara, hasil perikanan laut Pangkep seperti ikan kembung, layang, tuna, tembangdan lain-lain sebagian diekspor ke mancanegara selain untuk konsumsi lokal. Perikanan darat juga tetap menjadi andalan, Pangkep adalah kota tambak udang windu dan ikan bandeng yang hasilnya selain dinikmati pasar lokal juga diekspor ke negara-negara Asia. 

Satu sektor lain yang juga digarap serius adalah pariwisata kawsan pegunungan Tompo Bulu akan dikelola menjadi obyek wisata seperti puncak Bogor atau setidaknya seperti kawasan puncak Malino di Kabupaten Gowa. Kelangkapan infrastruktur jalan pun sedang dipersiapkan untuk menunjang pariwisata dan kegiatan perekonomian yang lain yang dapat memberikan kemajuan bagi daerah ini.


Sumber Data:
Sulawesi Selatan Dalam Angka 2007
(01-7-2007)
BPS Provinsi Sulawesi Selatan
Jl. Penancangan No. 4, Serang 42124
Telp (0254) 202315


Catatan

Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (dulu bernama Pangkajene Kepulauan, biasa disingkat Pangkep) adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibukotanya adalah Pangkajene. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.112,29 km². Tetapi setelah diadakan analisa bersama Bakosurtanal, luas wilayah tersebut direvisi menjadi 12.362,73 Km2 dengan luas wilayah daratan 898,29 Km2 dan wilayah laut 11.464,44 Km2.


Kabupaten Pangkep berpenduduk sebanyak ±250.000 jiwa.

Asal kata Pangkajene dipercaya berasal dari sungai besar yang membela kota Pangkep. Pangka berarti cabang dan Je'ne berarti air. Ini mengacu pada sungai yang membela kota pangkep yang membentuk cabang.


Sumber :

http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=7309

http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Pangkajene_dan_Kepulauan


Sumber  Gambar:

http://distan.bkc.co.id/foto/image/Pangkajene.gif

http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=7309

1 komentar:

  1. selamat sore,,,bisa gk saya dptkan Email perusahan2 yg menambang Marmer di kawasan tersebut,,,??/

    BalasHapus